Minggu, 06 Februari 2011

NASA Temukan 54 Planet Calon Rumah Alien

Headline
dailymail.co.uk
Oleh: Ellyzar Zachra P.B
Teknologi - Jumat, 4 Februari 2011 | 17:01 WIB
INILAH.COM, Jakarta- Kemungkinan menemukan kehidupan asing semakin meningkat setelah NASA menemukan 1.200 planet baru. Bahkan, 54 di antaranya dipercaya berpotensi untuk kehidupan asing.
Sebelumnya, hanya dua planet yang berpotensi layak huni di luar tata surya Bumi. Karenanya, kepala ilmuwan NASA William Borucki mengatakan, angka 54 merupakan jumlah sangat luar biasa besar dan tidak pernah terbayangkan sebelumnya.
Informasi ini muncul setelah ilmuwan Amerika Serikat mengumumkan penemuan sistem planet baru yang terdiri dari setidaknya enam planet yang mengorbit di bintang berjarak dua ribu tahun cahaya. Tata surya baru itu berhasil tertangkap teleskop Kepler milik NASA.
Bintang yang disebut Kepler 11 ini mirip Matahari. Namun, semua planet yang berada di orbit berjarak terlalu dekat dengan bintang, sehingga sulit untuk hidup dalam keadaan mirip Bumi.
“Ini tidak hanya sistem planet yang menakjubkan, tetapi juga memberikan metode baru yang lebih apik dalam mengukur massa planet,” ujar Dr. Daniel Fabrycky dari University of California, Santa Cruz.
Meskipun ada beberapa planet yang belum dikonfirmasi, namun astronom yakin 90% objek tersebut adalah planet. Selanjutnya, ilmuwan melakukan penelitian tambahan terkait ukuran planet, komposisi materi, temperatur dan jarak dengan bintang. Untuk mendukung kehidupan layak, perlu kondisi atmosfer spesifik dan keberadaan air serta karbon. [mor]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar